6 Sep 2013

Essai: Andai Aku Jadi Presiden

Andai Aku Jadi Presiden

Ingin menjadi orang nomor satu dengan kekuasaan yg besar? Memerintah suatu negara dengan harapan memajukan bangsa dan negara? Keinginan-keinginan kebanyakan orang ingin menjadi presiden memang tidak salah. Andai, aku bisa menjadi presiden.

hanya sekedar visi-visi yang harus disiapkan seperti mengabdi kepada negara, membantu dan mensejahterakan rakyat miskin, tetapi juga harus dengan persiapan mental. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar ketika tahun pertama menjadi pemimpin, nomor satu di negaranya tidak sampai mengundurkan diri.

Presiden yang baik memiliki kriteria sebagai berikut :
1.   memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, jauh dari isu negatif, tidak pernah melakukan atau diopinikan memiliki kasus KKN dan cacat moral lainnya
2.   memiliki keberanian dan ketegasan dalam menegakkan keadilan meski harus berhadapan dengan banyak pihak
3.   punya inovasi dan visi sehingga bisa menciptakan hal-hal yang luar biasa
4. bisa memprediksi berbagai persoalan yang akan muncul dan mengetahui bagaimana cara menghadapinya serta memiliki rumusan yang jelas akan dibawa kemana bangsa ini
5.   profesional dan berdiri di atas semua golongan dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun karena pertimbangan NKRI yang multi kultur, mutli etnik dan multi agama, dan
6. mampu membawa bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa maju di Asia lainnya serta memperjuangkan masyarakat lapis bawah yang kurang beruntung.

Berikut ini adalah persiapan-persiapan untuk menjadi presiden yang baik:
1.        Pertama adalah persiapan rohani. Persiapan dasar ilmu agama, lebih tepatnya ilmu kepemimpinan menurut ajaran agama. Pemimpin adalah amanah, titipan Tuhan yang Maha Esa. Kontrak yang sangat besar tanggung jawabnya. Sikap seorang pemimpin haruslah amanat. Pemimpin mempunyai kewenangan dan kekuasaan yang sangat besar, gunanya untuk memudahkan melayani rakyat, bukan sebaliknya yang hanya untuk memperkaya diri dan bersikap zalim. Balasan dan upah seorang pemimpin hanya dari Tuhan yang Maha Esa di akhirat kelak, bukan kekayaan di dunia.
2.        Kedua tentunya persiapan fisik. Fisik seorang pemimpin haruslah sehat. Selain fisik yang sehat, pemimpin juga harus mempunyai visi dan misi. Visi dan misi sebagai pedoman untuk mengarahkan saat menjadi pemimpin. Apabila tidak memiliki visi misi, tidak ada tujuan sehingga timbul pertanyaan mau dibawa kemana negaranya?
3.        Ketiga pengetahuan yang luas. Seorang pemimpin harus cerdas, berpikir secara tepat dan cepat. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi suatu masalah dalam negaranya, maka dapat diambil keputusan yang tepat.
4.        Memiliki moral yang baik karena pemimpin pasti adalah panutan bagi rakyatnya

Menjadi seorang presiden bisa untuk siapa saja, dari semua kalangan. Hal ini harus didukung dengan persiapan-persiapan yang matang. Persiapan yang baik akan menghasilkan seorang presiden yang baik, presiden yang memberi perhatian lebih untuk masyarakatnya, presiden yang di senangi masyarakatnya.


Nama: Muhammad Rifqi Abdurrahman
Fakultas/Jurusan: Fakultas Biologi/S1 Biologi
Kelompok: 81

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo komentarnya. Mungkin bisa jadi masukan untuk saya.